Selasa, 09 Juli 2013

Hatta Rajasa Ngebet Impor dan Menyalahkan Suswono



Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa geram dengan kinerja Menteri Pertanian Suswono. Hatta menilai, Suswono lelet mengeksekusi rencana impor daging. Akibatnya, harga daging sapi di pasaran terus melambung tinggi menjelang puasa.

“Kuncinya, suplainya harus dipercepat. Saya sudah putuskan impor tiga bulan lalu, tapi lambat eksyennya. Coba cari tahu, tanya Mentan mengapa lamban rekomendaisnya, dan tanya kenapa lamban impornya,” tutur Hatta di Kantor Presiden, Senin (8/7/2013).

Menurut Hatta, kenaikan harga daging sapi yang mencapai di atas Rp 100 ribu per kilogram di beberapa pasar di Indonesia, seharusnya tidak terjadi kalau Menteri Pertanian Suswono segera mengeluarkan rekomendasi impor ke Kementerian Perdagangan, sehingga persediaan di pasaran tetap tinggi.

Namun, karena lambannya rekomendasi dari Mentan, harga daging melonjak. Menurut Hatta, kenaikan harga daging sapi bukan karena Bulog tidak mampu menyediakan stok seperti yang dijanjikan. Tapi, justru karena Mentan lamban dalam aksinya mengeluarkan rekomendasi impor.
Saat ini, rata-rata harga daging sapi di pasaran sebesar Rp 92 ribu per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dari target pemerintah sebesar Rp 76 ribu-Rp 80 ribu per kilogram, selama Ramadan dan Lebaran. (tribunnews)

0 komentar:

Posting Komentar