Minggu, 21 Juli 2013

"H-10 Jalan Provinsi Jawa Barat Kabupaten Cianjur Di Jamin Tanpa Lubang" Mantappp

Perbaikan jalan yang bersatus sebagai jalan Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Kabupaten Cianjur dikebut. Total jalan provinsi Jabar sepanjang 174 km itu dipastikan tanpa lubang sebelum sepuluh hari menjelang Lebaran.

Kepala Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) wilayah pelayanan I Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat (Jabar), Yongga Bhakti, mengatakan, jalan provinsi di Kabupaten Cianjur digunakan sebagai jalur alternatif dan jalur wisata. Adapun jalur alternatif, yakni Cileungsi-Jongol-Cibeet-Selajambe-Cibogo. Jalur tersebut biasa digunakan pemudik dari Jakarta jika arus di puncak padat.

"Secara keseluruhan semuanya siap untuk bisa dilalui pada H-10 setelah diperbaiki. Seperti tahun sebelumnya Jonggol menjadi jalur alternatif dan memang ada beberapa lokasi yang perlu diperbaiki dan tanahnya ambles di Cibeet. Itu juga sudah kita cor, nantinya H-10 sudah kami buka," kata Yongga  ketika ditemui di Kantor BPJ I Ciranjang, Jumat (19/7).

Sedangkan jalan milik Provinsi Jabar yang merupakan jalur wisata, kata Yongga, yakni mulai dari Pasir Hayam-Sukanagara-Sindangbarang. Hingga saat ini jalur wisata atau jalur menuju daerah Cianjur Selatan itu terus diperbaiki sekaligus untuk menyambut arus mudik tahun 2013 yang kemungkinan terjadi mulai H-7 Lebaran.

"Meskipun kontrak perbaikan jalannya sampai Desember nanti. Tapi kami sudah meminta kontraktor untuk menghilangkan atau meratakan semua lubang yang ada di jalur wisata tersebut agar para pengguna jalan tidak terhambat perjalanannya dan menghambat arus lalulintas," kata Yongga.

Sementara itu ruas jalan nasional, yakni Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, kata Yongga, pun akan segera diperbaiki. Hal itu berdasarkan kesepakatan bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi yang akan meminimalisir lubang yang ada di jalan ketika arus mudik dan arus balik terjadi.

"Meski itu jalan nasional pada prinsipnya sama kalau pada H-10 tidak ada lubang di jalan-jalan yang dilalui para pemudik," kata Yongga. (tribunews)

0 komentar:

Posting Komentar